About Us

SEJARAH SINGKAT LSP KOPI INDONESIA

Perjalanan singkat LSP Kopi Indonesia

IMG_2166

Sejarah Singkat

Perjalanan LSP Kopi Indonesia bermula dari terbitnya buku dengan judul ; Buku Pintar Kopi, Mengeruk Untung dari Bisnis Kopi Luwak dan The Secret of Barista.  Ketiga buku ini ditulis oleh Edy Panggabean yang diterbitkan oleh Agromedia, tahun 2010, 2011 dan 2012.  Tahun 2010 adalah tahun dimana semuanya dimulai, pertumbuhan gerai-gerai kopi yang sangat massif hingga nama Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) serta kalimat Kompetensi mulai terdengar ditelinga masyarakat Indonesia.

Sebagai akibat konsumsi masyarakat akan minuman kopi yang sangat luar biasa meningkat dan harga dari secangkir kopi luwak pernah tercatat sebagai kopi termahal di dunia.  Maka besarnya tuntutan kebutuhan pasar tenaga kerja juga meningkat tajam, hal ini dibuktikan dengan adanya SKKNI; Kopi Luwak, Hotel dan Restoran, Rumah Minum Kafe, Budidaya Kopi Berkelanjutan, Pengolahan Industri Kopi.

Kami adalah penggagas serta orang pertama yang mendorong dan memberikan pengarahan kepada kelompok usaha kopi luwak di Indonesia yang melahirkan Asosiasi Kopi luwak Indonesia.    Kementerian Pertanian telah menginisiasi hingga membuahkan sebuah Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang menetapkan Produksi Kopi Luwak menjadi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Dahulunya “Barista” adalah sebuah pekerjaan bukan profesi.  Kami adalah orang pertama yang membuat Skema Barista, sehinga Barista menjadi sebuah Profesi.  Kementerian Pariwista dan Ekonomi Kreatif menginisiasi sehingga lahirnya sebuah Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tentang sub golongan bar kelompok usaha rumah minum/kafe menjadi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)

Kompetensi adalah kemampuan setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.  Banyak pihak yang telah berjasa dan membantu kami guna melakukan sosialisasi dan diseminasi terhadap SKKNI sub golongan kopi luwak, SKKNI sub golongan bar kelompok usaha rumah minum/kafe, sub golongan hotel dan restoran, sub golongan budidaya kopi berkelanjutan hingga sub golongan industri pengolahan kopi.  Hingga saat ini Lembaga Sertifikasi Kopi Indonesia (LSP – Kopi Indonesia) telah memiliki 17 Skema Sertifikasi.

LSP Kopi Indonesia menjadi jawaban atas alasan untuk melakukan pengukuran dan pemeliharaan kompetensi kerja yang diamanatkan oleh Undang Undang.  Untuk pertamakalinya BNSP memberikan Lisensi kepada LSP Kopi Indonesia dengan nomor lisensi : BNSP-LSP-122-ID tahun 2014

Pembentukan LSP Kopi

Legalitas LSP Kopi

LSP-KI dibentuk pada tanggal 14 Maret 2013. LSP Kopi Indonesia telah mendapatkan Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan No. Surat Keputusan Kep.130/BNSP/III/2014 pada tanggal Selasa, 1 April 2014. Selanjutnya berubah dengan Akta Notaris, Oki Triastuti, SH., M.Kn No. 01 Tanggal, 18 Agustus 2021.

Tujuan didirikan LSP Kopi

1. Memastikan tenaga kerja dibidang Kopi yang kompeten dan mampu memelihara kompetensinya

2. Meningkatkan Sumber Daya Manusia pada bidang Budidaya Kopi Berkelanjutan hingga Pengolahan Industri Kopi

3. Memiliki daya saing dilintas Nasional dan Internasional secara khusus ASEAN

Visi

Menjadi Lembaga Sertifikasi yang profesional, terpercaya dan mandiri dalam menjamin kompetensi kerja pelaku usaha kopi Indonesia.

Misi

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas para pelaku usaha industri kopi di indonesia
  2. Meningkatkan daya saing dan nilai tambah kepada para petani kopi dan kopi luwak
  3. Mewujudkan pengakuan kompetensi para pelaku usaha industri kopi Indonesia di dalam dan diluar negeri
  4. LSP-KI menetapkan kebijakan dan menerapkan pedoman BNSP 201-202/ISO 17024 secara menyeluruh tanpa pengecualian ;
  5. Menjadi mitra BNSP dalam mensosialisasikan Manfaat dan Kegunaan Sertifikasi Profesi
Kirim pesan
Terimakasih telah meghubungi kami, langsung klik tombol chatnya ya kak, dan ditunggu sebentar admin kami akan lanjut membalas ya ☺️